aaaaaaaaaaaaa

Tumbuh Kembangkan Sektor Ekonomi Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah Tabur 25 Ribu Benih Ikan di Waduk Pacal Bojonegoro

Bojonegoro – Bupati Bojonegoro, Dr Hj Anna Muawanah, tabur 25 ribu benih ikan air tawar, di Waduk Pacal yang berada di Desa Kedungsumber Kecamatan Temayang Kabupaten Bojonegoro.

Tabur benih ikan tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan populasi ikan air tawar di waduk tersebut sehingga nantinya diharapkan dapat meningkatkan produktivitas masyarakat, khususnya para nelayan pencari ikan di sekitar waduk tersebut, sehingga akan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Bojonegoro, Dra Nurul Azizah MM; Ketua DPRD Kabupaten Bojonegoro, Imam Sholikin; Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Bojonegoro, drh Catur Rahayu K MSi; anggota DPRD Bojonegoro; Forpimca Temayang dan Pemerintah Desa Kedungsumber Kecamatan Temayang.

Bupati Bojonegoro, Dr Hj Anna Muawanah, saat tabur benih ikan air tawar, di Waduk Pacal yang berada di Desa Kedungsumber, Kecamatan Temayang, Kab. Bojonegoro.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bojonegoro, Catur Rahayu mengatakan bahwa kegiatan penebaran benih ikan di Waduk Pacal dan sejumlah tempat lainnya, seperti sungai, waduk atau embung tersebut tujuannya untuk melestarikan dan meningkatkan produktivitas sumber daya ikan yang ada di perairan umum di Kabupaten Bojonegoro.

Sementara, total bibit ikan yang di tabur di Waduk Pacal sebanyak 25 ribu bibit Ikan, jenis Ikan Tawes dan Nila.

“Harapannya nantinya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat di sekitarnya untuk mendapatkan sumber protein hewani, dan lebihnya untuk dijual untuk meningkatkan pendapatan masyarakat.” kata drh Catur Rahayu K MSi.

Bupati Bojonegoro Anna Muawanah mengatakan bahwa Waduk Pacal ini adalah waduk kebanggaan masyarakat Bojonegoro, yang berdiri sejak tahun 1933. Menurut Bupati, dirinya bersama rombongan hari ini melakukan tabur benih ikan di Waduk Pacal karena selain digunakan untuk saluran irigasi pertanian, Waduk Pacal juga merupakan sumber mata pencaharian masyarakat setempat, khususnya para nelayan.

“Waduk Pacal ini juga dimanfaatkan masyarakat untuk mencari Ikan sehingga ada nilai-nilai ekonominya, karena ada sebagian masyarakat yang menggantungkan hidupnya dari keberadaan ikan di Waduk Pacal ini.” kata Bupati Anna Muawanah.

Bupati menambahkan bahwa kegiatan tabur benih Ikan tersebut akan dilakukan ditempat-tempat yang lain. “Sebelum ini kita juga telah menggalakan bersih-bersih sumber mata air di berbagai tempat.” kata Bupati Anna Muawanah.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Kedungsumber Sukardi menyampaikan bahwa pihaknya menyambut baik apa yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, yang telah menaburkan benih ikan di Waduk Pacal.

“Sehingga nantinya bisa memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar, selain untuk meleatarikan Ikan juga bisa untuk tambahan bagi masyarakat dari segi ekonominya.” kata Sukardi. (dan/imm)

Comments are closed.