Monitoring Harga Kepokmas Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H Di Pasar Panorama Lembang dan Supermarket Kabupaten Bandung Barat

Pada hari Selasa tanggal 28 Mei 2019, Pemerintah Kabupaten Bandung Barat telah melaksanakan kegiatan Monitoring harga kebutuhan pokok masyarakat dan sidak parcel dalam rangka menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Pasar Panorama Lembang dan salah satu supermarket di Lembang Kabupaten Bandung Barat pada pukul 10.00 WIB sampai dengan pukul 13.30 WIB.
Kegiatan tersebut di hadiri langsung oleh Komisi II DPRD Kab.Bandung Barat, Plt Kadisperindag KBB, Plt Kabid Perdagangan, Kabid Sumber Daya Kesehatan, Kasubbag Bina Produksi dan Distribusi Bagian Perekonomian, Kasi Zoonosis Dinas Perikanan dan Peternakan, Kasi Farmamin Dinas Kesehatan, Kepala UPT Pasar Lembang, Unit II Bidang Ekonomi Sat Intelkam Polres Cimahi, dan Perwakilan staf Dinas Terkait Pemerintah Kabupaten Bandung Barat.
Menurut hasil pemantauan, ada beberapa kebutuhan pokok masyarakat yang mengalami kenaikan diantaranya :
1. Daging ayam Broiler dari hargaRp.33.000/kg menjadi Rp.34.000/kg
2. Telur Ayam Ras dari hargaRp.22.500/kg menjadi Rp.23.000/kg
3. Kacang Kedelai Lokal dari hargaRp.11.000/kg menjadi Rp.12.000/kg
4. Kacang Tanah dari hargaRp.22.000/kg menjadi Rp.25.000/kg
5. Cabe Merah Biasa dari hargaRp.30.000/kg menjadi Rp.35.000/kg
6. Bawang Merah dari hargaRp.28.000/kg menjadi Rp.30.000/kg
Harga kebutuhan pokok tersebut mengalami kenaikan disebabkan karena tingginya permintaan terhadap komoditi tertentu yang tidak sebanding dengan ketersediaan barang di pasaran, juga dipengaruhi oleh faktor cuaca pada bulan Mei yang masih belum stabil, sehingga mempengaruhi kualitas dan harga bahan pokok tersebut.
Sedangkan di salah satu Supermarket di daerah Lembang telah ditemukan produk Ham Daging Babi merk Ma Ling di pajang dalam satu display yang berdampingan dengan produk kornet sapi. Namun produk tersebut langsung ditarik dan dipindahkan ke tempat lain agar masyarakat merasa nyaman dalam berbelanja di supermarket.
Pemerintah Kabupaten Bandung Barat berharap harga kebutuhan pokok masyarakat dapat terus stabil dan suplay pendistribusian barang dapat berjalan lancar agar ketersediaan barang kebutuhan pokok masyarakat dapat mencukupi sampai Hari Raya Indul Fitri 1440 H.

Comments are closed.